Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kreatif Pemuda Dusun Pandean Membuat Kostum Karnaval Dari Bahan Spon

Sabtu, 10 Agustus 2024 | Agustus 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-16T04:11:45Z


Pasuruan,pojoktelu.com
Warga RT 04 RW 14 Dusun Pandean, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, mempersiapkan kostum Karnaval dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Melalui wadah para pemuda RT. 04 berkarya, para pemuda karang taruna mencoba membuat sendiri kostum carnaval. Meski dengan alat sederhana dan pengetahuan yang terbatas dan hasilnya tak kalah dengan pengerajin yang sudah handal.

Bermodal foto kostum yang di aplikasikan oleh tangan-tangan kreatifnya untuk memperoleh hasil karya yang memukau.

Menurut ketua RT 04 Heri mengatakan, mas yayan sebagai kordinator dan teman-teman pemuda, mengangkat tema cantik dengan membuat kostum unik dan menarik. Tak di duga karyanya teman-teman pemuda mampu membuat kostum sekelas Jember festival carnaval. 


Bahan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan kostum itu berasal dari spon ati, kemudian dipotong dan diukir sesuai kebutuhan.

"Pengerjaannya, untuk satu item karakter saya butuh berhari-hari. Karena saya harus telaten dan teliti untuk memperhatikan setiap detailnya agar mendapatkan kemiripan yang maksimal," kata Yayan.

Saat ini setidaknya ada 10 kostum karnaval yang sudah di buat, dengan berbagai motif atau corak berbeda. Seperti motif emas, batik, dan beberapa motif menarik lainnya. 


Hal ini juga tidak lepas dari swadaya warga RT. 04, dengan anggaran yang terbatas dari kas RT. 04 kostum-kostum tersebut akan di ikutkan dalam pagelaran carnaval budaya nusantara Dusun Pandean tanggal 25 Agustus 2024 nanti.

"Kostum hasil karya ini kami siap di sandingkan dan di lombahkan di kontes tingkat kabupaten," ungkapnya.

Para pemuda Kreatif RT. 04 Dusun Pandean berharap kedepan bisa menjadi usaha kecil, mikro (UMKM) satu-satunya di Desa Kejapanan Kecamatan Gempol. (Zaq/red)
×
Berita Terbaru Update