Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wakil Ketua DPRD HM Rusdi Sutejo Hadiri Acara Sedekah Bumi Di Tosari

Jumat, 26 Juli 2024 | Juli 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-29T12:02:37Z


Pasuruan,pojoktelu.com
Sedekah bumi adalah tradisi yang dilakukan pada awal bulan Muharam atau Syura. Acara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa karena telah memberikan bumi tempat kita berpijak dengan segala rezeki, berupa hasil bumi untuk keberlangsungan hidup manusia. Jumat, (26/07/24).

Dalam tradisi gunungan hasil bumi ini ratusan warga Desa Kandangan, Kecamatan Tosari membawa puluhan gunungan. hal ini sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada sang maha Kuasa.

Kegiatan arak-arakan ini dimulai dari beberapa RW yang ada di beberapa dusun Desa Kandangan, Kecamatan Tosari. Para warga bergotong royong membawa puluhan hasil bumi berserta kue.

Turut hadir dalam kegiatan Ruwat Desa Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan HM Rusdi Sutejo dalam sambutannya mengatakan, sektor pertanian adalah salah satu sektor yang menjadi fokus pasangan Prabowo-Gibran. Dalam menunjang kesejahteraan mereka baik subsidi produksi dan jaminan sosial mereka.


"Untuk kesejahteraan para petani itu meliputi kebutuhan dasar mereka terutama yang berhubungan dengan pupuk dan pestisida. Tadi juga sempat disampaikan keluh kesah para petani bahwa penyuluhan dari pemerintah sangat kurang, soal kebijakan baru dan sebagainya harus lebih di intensifkan," ungkapnya.

Hal yang pertama kami lakukan adalah pemutihan hutang. Seperti halnya program Prabowo-Gibran akan menghapus kredit-kredit macet dari petani.

"Beban mereka harus diangkat terlebih dahulu, agar kemudian bisa lebih bisa berusaha untuk kesejahteraan mereka sendiri," ucapnya.

Ia juga menambahkan, "Bahwa program tersebut harus segera dikerjakan secara cepat karena. Sektor pertanian merupakan sektor dasar bagi ketahanan rakyat," tuturnya. (Zaq/red)
×
Berita Terbaru Update