Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pojok Baca "Cahaya Kartini", Upaya Randupitu Songsong 2025

Kamis, 25 Juli 2024 | Juli 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-29T12:02:55Z


Pasuruan,pojoktelu.com
Bekal menuju Target Pembangunan Kabupaten Pasuruan 2025 (Meningkatkan Kualitas SDM dan Daya Saing Daerah) agaknya sudah disiapkan Pemdes Randupitu dengan baik.

Dalam Musrenbangdes di Balai Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Kamis (25/7/2024) pemdes tampak menyiapkan satu stan pojok baca.

Sesuai namanya, di stan ini dibeber beraneka buku. Ada buku resep masakan, kerajinan tangan, kesehatan, budidaya, sampai novel. Semua disiapkan untuk kader-kader PKK Randupitu.

"Buku-buku ini disiapkan untuk kader PKK. Untuk menambah ilmu dan wawasan para kader," tutur Ketua Pokja 2 Bagian Pendidikan, Keterampilan, dan Kehidupan Berkoperasi TP PKK Randupitu, Hartini.

Sistemnya pinjam pakai. Kader dipersilakan meminjam buku koleksi Pojok Baca "Cahaya Kartini". Selang sebulan kemudian, buku dikembalikan.

"Stan memang bukanya sebulan sekali. Saat ada pertemuan PKK. Alhamdulillah disambut antusias kader kami," tuturnya.

Dari puluhan koleksi "Cahaya Kartini", yang paling sering diserbu adalah buku tentang kerajinan tangan dan resep masakan.

"Minat baca kader PKK cukup tinggi. Paling sering dipinjam adalah buku kerajinan tangan dan resep masakan," ungkapnya.

Perempuan berusia 58 tahun itu melanjutkan, "Cahaya Kartini" baru dibuka pada 2023. Belum bisa dibilang lama. Maka dari itu, ia masih menerima sumbangan buku dari pihak manapun.

"Kami terbuka menerima sumbangan buku. Asalkan berdampak positif bagi kader, pasti kami terima," tukas guru batik tersebut.

Sementara itu di tempat yang sama, Kades Randupitu Mochammad Fuad membenarkan pojok baca untuk menyongsong 2025.

Secara eksplisit ia punya target lebih tinggi. Ia ingin pembangunan fisik di desanya berbanding lurus dengan SDM-nya.

"Pembangunan sebagus apapun terasa percuma kalau tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM-nya. Makanya pojok baca ini termasuk upaya kami menyiapkan generasi penerus Randupitu yang lebih baik," tandasnya. (Red)
×
Berita Terbaru Update