Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati Ruwat Desa Dan Harlah Remas Dusun Karangploso

Sabtu, 13 Juli 2024 | Juli 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-14T07:05:00Z


Pasuruan,pojoktelu.com
Melestarikan tradisi ruwatan desa yang ada sejak jaman dulu masih terus dijaga dan dilestarikan. Tradisi ruwah desa atau sedekah bumi yang merupakan wujud syukur atas melimpahnya hasil panen dan dijauhkan dari berbagai penyakit serta diberikan kesejahteraan bagi warga Dusun Karangploso, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol. Sabtu,(13/07/24).

Ruwah desa juga merupakan suatu moment untuk memanjatkan doa bersama, untuk para leluhur dan untuk kebaikan warga desa serta masyarakat Dusun Karangploso, Desa Ngerong.

Dalam acara ini mendapatkan antusias dari warga Dusun Karangploso, Desa Ngerong terlihat dari banyaknya warga yang hadir dan ikut berpartisipasi. Kebersamaan dan semangat gotong royong sangat terasa dalam acara ini.

Diawali dengan tradisi gunungan hasil bumi ratusan warga berkumpul di halamam yang sudah di sediakan oleh panitia pelaksana, dengan membawa puluhan gunungan mereka berkeliling. Hal ini sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada sang maha Kuasa.

Kegiatan arak-arakan ini dimulai dari beberapa RW yang ada di beberapa dusun Karangploso. Para warga bergotong royong membawa puluhan hasil bumi.


Perebutan ancak ini biasanya sebelum direbutkan didahului dengan memanjatkan doa bersama yang dilakukan oleh sesepuh desa. Mereka menganggap gunungan yang telah diarak dan didoakan ini dipercayai bisa membawa berkah. Bagi keluarganya juga desanya menjadi aman damai tentram dan makmur.

Sementara itu Kepala Desa Ngerong H. Jemik Sadiman mengatakan, ruwatan desa adalah tradisi yang merupakan salah satu kearifan lokal desa di awali dengan arak-arakan. Sedekah bumi dan malam harinya kita juga menggelar sholawat hal ini yang harus terus dijaga dan dilestarikan, karena sudah menjadi bagian dari budaya.

"Banyak nilai-nilai luhur yang patut diturunkan kepada generasi muda. Untuk itu generasi muda perlu diajak ikut dalam kegiatan seperti ini. Agar generasi muda mengenal apa itu ruwah desa yang digelar setiap setiap tahun," ucapnya.

Ia juga berpersan, "Semoga dengan dilaksanakan ruwah desa atau sedekah desa ini seluruh warga desa mendapatkan keberkahan dari Allah, dilimpahkan rezekinya, dijauhkan dari berbagai penyakit, sehingga menjadi desa yang aman, tentram dan makmur," pungkas Kepala Desa H. Jemik Sadiman. (Zaq/red)
×
Berita Terbaru Update