Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemerintah Kota Pasuruan Berhasil Wujudkan Open Defecation Free

Kamis, 11 Juli 2024 | Juli 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-13T03:17:21Z


Pasuruan,pojoktelu.com
Pemerintah Kota Pasuruan berhasil mewujudkan Kota Pasuruan 100% Open Defecation Free (ODF). Hal ini ditandai dengan deklarasi ODF yang berlangsung di Ruang Rapat Untung Suropati I Sekretariat Daerah Kota Pasuruan. Kamis,(11/07/24).

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau yang akrab dipanggil Gus Ipul dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas terdeklarasinya Kota Pasuruan 100% ODF setelah melewati proses verifikasi yang diambil di 8 Kelurahan dari 4 Kecamatan.

"Hari ini Kota Pasuruan telah mencapai satu titik yang merupakan prestasi dari sekian proses yang kita lewati. Khususnya di bidang kesehatan yaitu Open Defecation Free (ODF)," terang Gus Ipul.

Saya minta kepada para kepala UPTD, Camat, Lurah, dan segenap komponen masyarakat untuk bisa gandeng tangan bersama-sama menindaklanjuti deklarasi hari ini agar kita makin sehat.

"Mari kepada segenap warga untuk membuat sanitasi yang layak dan aman, serta mengurasnya secara rutin, pentingnya menjaga dan memelihara sanitasi yang telah tercapai," ungkapnya.

Gus Ipul juga mengucapkan terimakasih kepala seluruh perangkat daerah di jajaran pemerintah kota Pasuruan. Yang membantuku mewujud Kota Pasuruan 100% ODF.

"Terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan segenap jajaran, unsur masyarakat membantu mewujudkan Kota Pasuruan ODF. Kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada dukungan dari seluruh pihak dan partisipasi aktif masyarakat Kota Pasuruan," ucap Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikator Provinsi Jawa Timur, Sulvy Dwi Anggraini dalam sambutannya mengatakan berdasarkan hasil verifikasi di lapangan menunjukkan bahwa sanitasi yang aman di Kota Pasuruan itu mencapai 39% kemudian sanitasi yang layak 57%.

"Alhamdulillah hari ini kita deklarasikan Kota Pasuruan sebagai kabupaten/kota ke 32 di Provinsi Jawa Timur. Besar harapan setelah verifikasi ODF ini seluruh masyarakat bisa mempertahankan supaya tidak buang air besar sembarangan sehingga nantinya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Pasuruan," pungkasnya. (Zaq/red)
×
Berita Terbaru Update