Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Batik Sekar Randu Khas Desa Randupitu Sudah Tembus Luar Negeri

Kamis, 25 Juli 2024 | Juli 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-29T12:03:13Z


Pasuruan,pojoktelu.com
Pemerintah Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, terus mengembangkan berbagai inovasi dan kreasi serta kearifan lokal kepada. Para generasi muda dengan mengajak belajar membatik. Kamis,(25/07/24).

Menurut Kepala Desa Randupitu Muhammad Fuad. Ia mengajak para Ibu-Ibu Kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). untuk mengembangkan kreasinya melalui membatik.

"Kami mengajarkan dengan berbagai tahap mulai mendesain, membatik, serta proses pewarnaan. Menghilangkan malam dengan cara merebus kain hingga menjadi batik," ujar Kepala Desa Randupitu.

Lebih lanjut, pihaknya akan terus menggali potensi kearifan lokal terutama dalam budaya seni dan hasil potensi wilayah Desa Randupitu. Supaya masyarakat tahu inilah batik khas Randupitu yang merupakan goresan batik tulis.

"Kita mengambil motif Batik Sekar Randu yang mempunyai kepanjangan (Sesek Karo Randu). Yang bisa menembus ke mancanegara yakni di Korea kali ini mahasiswa Unibraw. Juga memesan batik bermotif tokoh robot untuk dibawa ke Korea," ungkapnya.

Batik tulis rintisan Ibu-Ibu Kader PKK ini, merupakan batik yang diproduksi sendiri, sehingga batik tulis ini memiliki daya tarik tersendiri di dunia fashion.

Kepala Desa Muhammad Fuad. Juga mengajak seluruh masyarakat di Desa Randupitu untuk memviralkan batik tulis khas desa setempat.

"Ayo siapa lagi kalau bukan kita yang akan membesarkan, mengenalkan dan mencintai produk-produk saudara kita sendiri," tutup Muhammad Fuad. (Zaq/red)
×
Berita Terbaru Update