Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Pertenakan Dan Kesehatan Hewan, Temukan Hewan Kurban Sakit Mata

Kamis, 13 Juni 2024 | Juni 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-14T01:51:54Z


Pasuruan, pojoktelu.com
Sejumlah kandang pertenak hewan kurban dan penjual hewan kurban, menjelang hari Raya Idul adha. Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Pasuruan. Melakukan peninjauan guna memastikan hewan ternak tersebut layak menjadi hewan kurban. Kamis,(13/06/24).

Menurut drh. Panti Absari Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Pasuruan mengatakan, tujuan ini untuk memastikan bahwa ternak tersebut sehat dan layak sebagai hewan kurban. Serta melakukan pemeriksaan di kandang hewan ternak yang sudah siap untuk dijual.

Selain itu, petugas juga melakukan pemeriksaan ante Mortem atau pemeriksaan ternak sebelum di potong. tujuannya untuk memastikan bahwa ternak tersebut sehat dan layak sebagai hewan kurban.

"Petugas kesehatan hewan di masing-masing kecamatan nanti akan memantau ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan yang akan dijadikan hewan kurban, kami juga melakukan pengecekan di lokasi Bangil - Gempol, dengan jumlah yang diperiksa : 10 tempat/lapak pedagang hewan kurban, Sapi 27 ekor, Domba 83 ekor, Kambing 204 ekor," ucapnya.


Lebih lanjut, drh. Panti Absari mengatakan, ada beberapa kriteria hewan kurban yang dianggap layak untuk menjadi hewan kurban, dan ada satu hewan yang terjangkit penyakit sakit mata akibat iritasi debu.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Ainur Alfiah mengatakan, pihaknya akan memberikan sertifikat pada hewan kurban yang dinyatakan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

"Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan mengeluarkan Sertifikat Veteriner kepada para pedagang. Pemberian sertifikat tersebut sebagai upaya untuk memberikan rasa aman bagi konsumen atas jaminan kualitas hewan kurban yang dinyatakan sehat dan layak dijadikan hewan kurban," tuturnya. (Zaq)
×
Berita Terbaru Update