Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jalin Sinergi antara Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dengan Kewilayaan

Jumat, 23 Desember 2022 | Desember 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-23T12:28:07Z

Pasuruan, Pojok Telu
Bertempat di Balai Desa Carat Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Kawasan kemitraan eksternal (KKE) Pasuruan menghadiri undangan Pemdes Carat guna melakukan musyawarah Membahas rekrutmen tenaga kerja dan peningkatan sinergritas antara perusaahan dan wilayah setempat.

Dikutip laman Resmi BRIN, Lembaga tersebut didirikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2019 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional.

BRIN awalnya menjadi satu kesatuan dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Namun dalam perjalanannya, Pada 5 Mei 2021, Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021, yang secara efektif menetapkan BRIN sebagai satu-satunya badan penelitian nasional. Peraturan tersebut memutuskan bahwa semua badan penelitian nasional Indonesia seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bergabung menjadi BRIN.

Kini posisi BRIN bukan lagi sebagai regulator, karena fungsi regulasi tetap berada di kementerian, BRIN menjadi satu badan tersendiri dengan ada peleburan BATAN, BPPT, LAPAN dan LIPI serta lembaga riset di kementerian dan lembaga. Kini BRIN dipimpin oleh Laksana Tri Handoko yang sebelumnya memimpin LIPI.


Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Balai Desa Carat Erwien perwakilan BRIN KKE Pasuruan menjelaskan komitmen BRIN dalam menjalin sinergitas dan kerjasama antara Kantor dan Desa Carat dan Watukosek.

"Salah satu bentuk rekomendasi yang dapat kita berikan adalah dengan merekomendasikan teman teman warga disekitar Kantor BRIN untuk menjadi bagian keluarga besar BRIN dalam mitra daya kami," Tandasnya.

Erwien menambahkan BRIN Menginisiasi sinergi antara warga dengan lingkungan Kantor. Dirinya mengaku sebelumnya ada jarak komunikasi antara Warga dengan Kantor BRIN namun secara perlahan Kantor BRIN menunjukan sinergitasnya dalam menjalin kemitraan maupun dalam bentuk lain terhadap warga sekitar melalui Pemerintah Desa setempat

"Sinergitas BRIN dengan daerah setempat terutama di Kawasan Kemitraan Eksternal Pasuruan tidak hanya dalam hal tenaga kerja saja. Contohnya seperti kemarin kita melakukan pengenalan dunia astronomi ke anak anak didik," Ujarnya

Dirinya juga mengharapkan kedepannya banyak sinergi yang dimunculkan dari potensi-potensi yang terjalin dalam kerja sama antara perusahaan dan Desa Desa setempat. (Tom)
×
Berita Terbaru Update